Penyerahan Insentif Fiskal Kinerja Pengendalian Inflasi Daerah Secara Virtual

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kab. Sinjai serta staf Bagian Perekonomian & SDA Setdakab Sinjai mengikuti kegiatan penyerahan insentif fiskal kinerja pengendalian inflasi daerah dan rakor pengendalian inflasi 2023 secara virtual melalui aplikasi zoom meeting yang dilaksanakan oleh Kemendagri RI, di Ruang Kerja Kabag Perekonomian, Senin (31/07).

Rakor mingguan ini dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian dan dihadiri oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani serta seluruh pimpinan daerah se-Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partsipasi pemerintah daerah dalam pengendalian inflasi di daerahnya. Sekaligus memberikan penghargaan pada daerah yang telah berkinerja baik dalam pengendalian inflasi di daerahnya. Penerima alokasi insentif fiskal didasakan pada kriteria tertentu berupa perbaikan atau pencapaian kinerja di bidang tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum pemerintahan, pelayanan dasar yang mendukung kebijakan strategis nasional dan/atau pelaksanaan kebijakan fiskal nasional.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat inflasi Juni angkanya bisa turun menjadi 3,52 persen secara tahunan dibanding periode yang sama tahun lalu yang berada di angka 5,9%.

Penghargaan ini diberikan bagi 33 Pemerintah Daerah yang telah mampu mengendalikan angka inflasinya, diantaranya 3 Pemerintah Provinsi, 24 Pemerintah Kabupaten dan 6 Pemerintah Kota. Hal ini perlu menjadi contoh dan diberikan apresiasi. Adapun Provinsi yang menerima insentif fiskal yakni Prov. DKI Jakarta Rp. 11.677.376.000,00; Prov. Kalteng Rp.9.340.027.000,00 dan Prov. Gorontalo Rp.8.982.597.000,00 dengan total keseluruhan Rp. 30.000.000.000,00 (tiga puluh miliar rupiah). Sementara untuk, Kabupaten/Kota diberikan kepada 30 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan jumlah sebesar Rp. 300.000.000.000,00 (tiga ratus miliar rupiah). Sebagai informasi, Kabupaten Sukamara menerima sebesar Rp. 10.019.416.000,00.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan hadiah kepada 33 Pemerintah Daerah yang telah berhasil melakukan pengendalian inflasi Daerah, Bonus yang diberikan pemerintah berupa insentif fiskal untuk tahun anggaran 2023 periode pertama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, penyerahan insentif tersebut berdasarkan hasil koordinasi yang baik Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) secara serentak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *